Banyuroto -  Masyarakat Kecamatan Sawangan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia dengan berolahraga bersama di Lapangan Desa Banyuroto (08/08/2019). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Drs. Wisnu Argo Budiono, MM. selaku Camat Sawangan, dan hadir pula Kapolsek Sawangan. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Panitia HUT RI Kecamatan Sawangan, namun untuk titik lokasi kegiatannya berpindah-pindah setiap tahunnya. Dan untuk tahun 2019 ini berlokasi di Desa Banyuroto. Peserta Kegiatan berasal dari berbagai lembaga dan instansi di wilayah Kecamatan Sawangan.
Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Acara dibuka oleh Camat Sawangan dengan memekikan kata Merdeka. Dalam sambutannya Camat Sawangan berpesan agar senantiasa menjaga keamanan, ketentraman serta keutuhan bangsa ini, begitu pula dalam memeringati Hari Kemerdekaan ini hendaknya kita isi dengan hal-hal yang bermanfaat. Masyarakat hendaknya selalu berinovasi dan menumbuhkembangkan potensi lokal yang ada, sehingga kedepan dapat menciptakan produk-produk lokal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
Kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat mengelilingi wilayah Desa Banyuroto, perjalanan start dari Lapangan Desa yaitu di Dusun Garon, melewati Dusun Grintingan, Kemudian Dusun Kenayan dan Dusun Banyuroto, Finish kembali ke Lapangan Desa. Rute tersebut berbeda dengan rencana awal kegiatan, awal mulanya rute melewati wilayah Desa Wulunggunung juga, akan tetapi karena pertimbangan jarak yang terlalu jauh dan medan yang naik turun sehingga rutepun berubah.
hiburan Organ tunggal dan pembagian doorprizepun turut meramaikan kegiatan tersebut. Bapak Lim Suyitno selaku tim MC dari Kecamatan Sawangan yang memandu acara tersebut menutup kegiatan pada jam 11.00 WIB.